Syarat Penggunaan

Dengan mengunjungi atau menggunakan Situs ini (“Situs”), menerima dan menggunakan Layanan, yang disediakan dan dikelola oleh PT Justika Solusi Indonesia, suatu perseroan terbatas yang memiliki domisili di AD Premier Office Park Lantai 9, Jl. TB Simatupang No. 5 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta 12550 (“Easybiz”) termasuk menerima keterangan dari Easybiz dalam bentuk apapun, Anda mengakui telah membaca, memahami dan dengan demikian sepakat untuk mengikat diri dengan Easybiz, sebagaimana suatu perjanjian yang sah dan mengikat, untuk tunduk dan mematuhi syarat penggunaan Situs yang mana penggunaannya dapat digunakan dengan syarat dan ketentuan (“Syarat Penggunaan”) sebagai berikut:

1. Definisi dan Penafsiran

1.1 Definisi

Kecuali ditentukan lain dalam Syarat Penggunaan, Proposal, Daftar Keterangan dan/atau Dokumen Persyaratan, definisi ini berlaku:

  1. “Anda” berarti (i) pengunjung, pembaca, pengguna Situs, (ii) Pelanggan, dan/atau (iii) pihak lain menggunakan dan menerima Layanan.
  2. “Akun” berarti akun yang diperoleh oleh Pelanggan setelah pendaftaran melalui Situs untuk meminta proposal penawaran, mengajukan permintaan pelaksanaan Pekerjaan kepada dan menerima layanan dari Easybiz melalui Situs.
  3. “Daftar Keterangan” berarti keterangan yang diperlukan untuk pelaksanaan Pekerjaan, termasuk tapi tidak terbatas pada data pribadi Anda, Subjek Pekerjaan dan/atau Pihak Yang Berkepentingan, keterangan mana yang disediakan baik melalui Situs atau di luar Situs, sebagaimana dapat diminta oleh dan apabila dipandang perlu oleh Easybiz untuk pelaksanaan Pekerjaan dari waktu ke waktu;
  4. “Dokumen Persyaratan” berarti seluruh dokumen yang dipersyaratkan, diminta oleh Pejabat Yang Berwenang atau diperlukan untuk pelaksanaan Pekerjaan, baik dalam bentuk salinan (copy) maupun asli (apabila diperlukan) termasuk tapi tidak terbatas pada akta, surat, perjanjian, pernyataan, persetujuan, perizinan, keputusan dan/atau dokumen terkait lainnya, sebagaimana disampaikan oleh Easybiz dari waktu ke waktu.
  5. “Hari Kerja” adalah hari selain Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional.
  6. “Jam Kerja” berarti jam 09.00 – 18.00 Waktu Indonesia Barat setiap Hari Kerja.
  7. “Kebijakan Privasi” adalah ketentuan kebijakan privasi atas Layanan sebagaimana tercantum dalam Situs.
  8. “Layanan” adalah layanan yang disediakan oleh Easybiz, termasuk tapi tidak terbatas pada Pekerjaan dan/atau layanan lainnya yang disediakan baik melalui Situs atau di luar Situs yang meliputi pemberian keterangan oleh Easybiz melalui telepon, surat elektronik (e-mail), pertemuan dan layanan lainnya yang ditentukan oleh Easybiz dari waktu ke waktu.
  9. “Masa Berlaku Proposal” adalah masa berlaku Proposal sesuai dengan Pekerjaan sebagaimana ditentukan dalam Proposal.
  10. “Materi” berarti artikel, panduan, penjelasan dan/atau keterangan lainnya sehubungan dengan Layanan yang disediakan oleh Easybiz pada Situs.
  11. “Pejabat Yang Berwenang" berarti notaris, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pengadilan Negeri dan/atau lembaga pemerintah lainnya yang memiliki wilayah kerja, wilayah hukum atau kewenangan di sebagian atau seluruh wilayah Republik Indonesia dan sesuai dengan kewenangannya masing-masing, berwenang untuk membuat, menerbitkan, mencatat, mendaftarkan, menerima pemberitahuan, menerima pelaporan, mengesahkan, melakukan legalisasi dan/atau memberikan persetujuan atas akta, perizinan dan/atau dokumen yang diperlukan untuk pelaksanaan Pekerjaan sesuai dengan ruang lingkup Pekerjaan.
  12. “Pekerjaan” adalah bagian dari Layanan yang akan dilaksanakan oleh Easybiz berdasarkan Syarat Penggunaan dan ketentuan dalam Proposal.
  13. “Pelanggan” adalah setiap pihak yang terdaftar pada Easybiz sebagai pelanggan dan melakukan pemesanan Pekerjaan dari Easybiz.
  14. “Persyaratan” berarti persyaratan yang diperlukan dalam pelaksanaan Pekerjaan sebagaimana ditentukan oleh Pejabat Yang Berwenang dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk tapi tidak terbatas pada dokumen sebagaimana ditentukan dalam Dokumen Persyaratan.
  15. “Pihak Yang Berkepentingan” adalah (i) pihak yang menjadi atau akan menjadi pendiri, pemilik modal, sekutu komanditer (persero pasif), pemegang saham, sekutu komplementer (persero aktif), direksi, komisaris, penanggungjawab atas Subjek Pekerjaan dan/atau kuasa atau perwakilannya yang sah, (ii) pihak lainnya yang merupakan pihak yang diminta persetujuan sehubungan dengan Dokumen Persyaratan, dan/atau (iii) pihak lainnya yang berdasarkan peraturan perundang-undangan merupakan wakil atau kuasa yang sah atas Subjek Pekerjaan sehingga sah dan berwenang untuk bertindak untuk dan atas nama Subjek Pekerjaan;
  16. “Proposal” adalah proposal penawaran jasa Easybiz yang mencantumkan antara lain termasuk tapi tidak terbatas pada ruang lingkup Pekerjaan dan biaya Pekerjaan berikut perubahan-perubahannya.
  17. “Situs” adalah situs https://buatpt.easybiz.id/ dan easybiz.id.
  18. “Subjek Pekerjaan” adalah perseorangan, perusahaan perseorangan, persekutuan atau badan baik itu badan hukum maupun bukan badan hukum, dan/atau bentuk usaha lainnya yang (i) akan didirikan, telah didirikan, telah menjalankan kegiatan, (ii) proses pendiriannya, penutupannya, pencabutan, persetujuan atau perizinan tertentunya dapat dibantu pengajuan permohonan dan pengerjaannya oleh Easybiz berdasarkan Proposal yang telah disetujui oleh Pelanggan.

 

1.2 Penafsiran

  1. Judul adalah untuk kemudahan referensi saja dan tidak akan mempengaruhi penafsiran Syarat dan Ketentuan;
  2. Kata dalam bentuk tunggal mencakup bentuk jamak dan sebaliknya.
  3. Kata “pihak” meliputi setiap perseorangan, baik warga negara Indonesia maupun warga negara asing, perusahaan perseorangan, perusahaan persekutuan, baik yang berbentuk badan hukum maupun yang bukan berbentuk badan hukum.
  4. Referensi terhadap peraturan perundang-undangan adalah termasuk perubahan-perubahannya.

 

2. Pekerjaan

  1. Easybiz tidak memberikan Jasa Hukum dan/atau Bantuan Hukum. Anda memahami dan menyetujui bahwa pemberian Layanan, penyediaan Materi dan pelaksanaan Pekerjaan oleh Easybiz: (i) bukan merupakan, tidak dimaksudkan dan/atau tidak dapat ditafsirkan sebagai suatu pemberian Jasa Hukum maupun Bantuan Hukum, dan/atau (ii) tidak menimbulkan hubungan Advokat dan Klien antara Easybiz dengan Anda, Subjek Pekerjaan dan/atau Pihak Yang Berkepentingan, yang mana Jasa Hukum, Bantuan Hukum, Advokat dan Klien tersebut adalah sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat.
  2. Karena Layanan yang terbatas maka Easybiz hanya melakukan Pekerjaan yang secara tegas disebut dalam Proposal. Easybiz tidak menjamin dan tidak akan pernah menjamin mengenai kelengkapan Layanan atau bahwa hasil Pekerjaan yang dilaksanakan oleh Easybiz merupakan kelengkapan atau terpenuhinya seluruh perizinan, persetujuan dan kewajiban lainnya yang wajib diperoleh, dilaksanakan dan dipenuhi oleh Anda, Subjek Pekerjaan dan/atau Pihak Yang Berkepentingan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan perjanjian sehubungan dengan Subjek Pekerjaan (apabila ada).
  3. Easybiz tidak memiliki kewajiban untuk menterjemahkan dokumen dalam Bahasa Indonesia ke dalam bahasa asing dan/atau sebaliknya.
  4. Easybiz tidak memiliki keahlian di bidang perpajakan, bisnis, ketenagakerjaan, dan/atau keuangan.
  5. Easybiz tidak memiliki keahlian dalam memberi saran atau pendapat mengenai perencanaan permodalan, keuangan, investasi dan/atau usaha sehubungan Subjek Pekerjaan.
  6. Easybiz hanya berhubungan dengan Pelanggan terkait dengan pengisian dan kelengkapan Daftar Keterangan, Dokumen Persyaratan dan/atau keterangan lainnya yang diperlukan dalam pelaksanaan Pekerjaan. Easybiz berhak, tapi tidak wajib, untuk melakukan komunikasi dalam bentuk apapun dengan Pihak Yang Berkepentingan, pihak lainnya yang ditunjuk oleh Pelanggan atau yang namanya tercantum dalam dokumen sehubungan dengan Pekerjaan.
  7. Keterangan yang diberikan oleh Easybiz termasuk tapi tidak terbatas pada sehubungan rencana pemilihan bentuk badan, domisili, dan/atau kode bidang usaha atas Subjek Pekerjaan bukan merupakan, tidak bisa diartikan atau ditafsirkan sebagai saran, pendapat dan alternatif pilihan dari Easybiz mengenai keabsahan, kesesuaian dan/atau kepastian hukum atas tindakan, kegiatan yang akan dijalankan atau yang sedang dijalankan oleh Subjek Pekerjaan. Segala keterangan yang disampaikan oleh Anda sehubungan dengan Pekerjaan termasuk tapi tidak terbatas pada pemilihan bentuk badan, domisili, rencana usaha, rencana investasi, rencana modal dan/atau kode bidang usaha atas Subjek Pekerjaan merupakan keputusan dan tanggungjawab Anda sepenuhnya.
  8. Dalam pelaksanaan Pekerjaan, apabila dipandang perlu oleh Easybiz, Easybiz berhak dan diberikan kewenangan oleh Pelanggan untuk menunjuk atau mengalihkan seluruh atau sebagian Pekerjaan kepada pihak lain tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pelanggan.
  9. Easybiz hanya akan memulai Pekerjaan berdasarkan tahap yang ditentukan setelah Easybiz menerima pembayaran dari Pelanggan berdasarkan ketentuan pembayaran/termin sebagaimana ditentukan dalam Proposal.
  10. Easybiz berhak menolak permintaan atau mengakhiri Pekerjaan apabila berdasarkan pandangan dan pendapat Easybiz yang wajar terdapat indikasi pemalsuan, penipuan dan/atau tindakan lain yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

3. Daftar Keterangan dan Persyaratan Pelaksanaan Pekerjaan

Dengan tidak mengesampingkan ketentuan lainnya dalam Syarat Penggunaan:

  1. Anda bertanggungjawab atas segala pertanyaan, pernyataan, keterangan yang disampaikan atau dikirim kepada Easybiz baik melalui Situs maupun di luar Situs. Segala keterangan yang diperlukan untuk pelaksanaan Pekerjaan sehubungan dengan Anda, Subjek Pekerjaan dan/atau Pihak Yang Berkepentingan termasuk tapi tidak terbatas pada identitas, domisili, rencana kegiatan dan investasi Subjek Pekerjaan sebagaimana diperlukan untuk pelaksanaan Pekerjaan, harus dipilih, ditentukan, disediakan, diisi dan/atau dilengkapi oleh Anda dalam Daftar Keterangan.
  2. Anda menyatakan dan menjamin seluruh dokumen dan keterangan yang diberikan kepada Easybiz, baik secara tertulis maupun tidak tertulis, baik itu dokumen yang disiapkan oleh Easybiz maupun tidak, baik melalui Situs maupun di luar Situs, baik secara langsung maupun tidak langsung sehubungan dengan Pekerjaan, sebagaimana diberikan oleh Anda atau pihak lain yang ditunjuk oleh Anda (i) telah dibaca, dipahami, disetujui dan/atau ditandatangani oleh Pihak Yang Berkepentingan atau pihak lainnya yang memiliki kepentingan atas keterangan yang diberikan kepada Easybiz tersebut, (ii) merupakan keterangan yang benar, tepat, akurat, tidak menyesatkan, sesuai keadaan yang sebenarnya termasuk tapi tidak terbatas pada kebenaran, keaslian dan keabsahan identitas dan tanda tangan oleh pihak penandatangan dalam setiap dokumen yang diberikan kepada Easybiz oleh Anda.
  3. Anda menyatakan dan menjamin pemberian keterangan kepada Easybiz tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, rahasia dagang dan perjanjian apapun yang terkait termasuk tapi tidak terbatas pada perjanjian kerahasiaan (apabila ada).
  4. persyaratan harus dilengkapi sesuai tahap dan sebagaimana ditentukan berdasarkan Dokumen Persyaratan, kebijakan Pihak Yang Berwenang dan peraturan-perundang-undangan yang berlaku agar Pekerjaan dapat dilaksanakan dan diselesaikan. Anda memahami bahwa selain dokumen dan bentuk tertulis lainnya, Pihak Yang Berwenang dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dapat mensyaratkan Anda atau Pihak Yang Berkepentingan untuk hadir, menghadap, memberi keterangan secara langsung, mengajukan, mengambil sendiri dan/atau menandatangani akta, formulir, permohonan dan/atau dokumen lainnya sesuai kewenangan dan kapasitas masing-masing di hadapan Pejabat Yang Berwenang sebagai persyaratan pelaksanaan Pekerjaan. Anda bertanggungjawab untuk memastikan Pihak Yang Berkepentingan untuk memenuhi persyaratan Pihak Yang Berwenang dan peraturan perundang-undangan yang berlaku tersebut.
  5. Pelanggan memahami bahwa peraturan perundang-undangan dan kebijakan Pemerintah Yang Berwenang dapat berubah sewaktu-waktu. Dengan demikian, keterangan yang harus dilengkapi dalam Daftar Keterangan dan persyaratan sebagaimana tercantum dalam Dokumen Persyaratan dapat berubah, berkurang dan/atau bertambah sesuai dengan kebijakan Pemerintah Yang Berwenang dan peraturan perundang-undangan yang berlaku tersebut. Apabila ada penambahan keterangan pada Daftar Keterangan dan/atau persyaratan pada Dokumen Persyaratan yang timbul sehubungan dengan Pekerjaan yang sedang dikerjakan karena perubahan peraturan perundang-undangan dan kebijakan Pemerintah Yang Berwenang tersebut, Easybiz akan memberitahukan kepada Pelanggan.
  6. Pelanggan mengakui dan memahami bahwa dengan adanya penundaan, kelalaian dan/atau tidak dapat dipenuhinya Daftar Keterangan dan/atau Dokumen Persyaratan oleh Pelanggan dapat mengakibatkan (i) tertundanya pengajuan, kelanjutan dan memperlambat waktu proses pengerjaan Pekerjaan, dan (ii) timbulnya penambahan biaya Pekerjaan sesuai dengan harga satuan pekerjaan yang berlaku.

 

4. Pendaftaran, Akun dan Akses Pada Situs

  1. Untuk mengajukan permintaan proposal penawaran, pelaksanaan Pekerjaan oleh Easybiz melalui Situs, Anda harus mendaftarkan dan membuat Akun pada Situs. Anda wajib mengisi dan memberikan keterangan secara benar pada saat pendaftaran pada Situs yang meliputi nama, nomor telepon dan alamat e-mail yang dapat dihubungi.
  2. Koneksi internet, biaya pulsa, biaya telekomunikasi dan/atau upaya lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar Anda dapat melakukan akses pada Situs merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya.
  3. Easybiz melakukan upaya sebaik-baiknya agar Situs dapat diakses dan digunakan oleh Anda tanpa gangguan dalam bentuk apapun, namun Easybiz tidak memberikan jaminan Situs akan senantiasa dapat digunakan dan dilakukan akses dari waktu ke waktu.
  4. Layanan melalui Situs sewaktu-waktu dapat dihentikan atau ditunda untuk sementara waktu karena pemeriksaan, pemeliharaan, perbaikan, perubahan, penambahan sistem pada Situs. Apabila terdapat gangguan terhadap Situs dan/atau sistem pembayaran yang disediakan pada Situs yang disebabkan karena alasan apapun termasuk tapi tidak terbatas pada gangguan virus, jaringan internet, Easybiz akan memberikan pemberitahuan mengenai gangguan tersebut melalui Situs atau sarana lainnya yang dipandang wajar oleh Easybiz.
  5. Easybiz tidak bertanggungjawab kepada Anda, Subjek Pekerjaan, Pihak Yang Berkepentingan dan/atau pihak manapun atas segala akibat yang timbul sehubungan dengan penggunaan Situs atau tidak dapat digunakannya Situs baik sebagian maupun seluruhnya yang disebabkan karena termasuk tapi tidak terbatas pada gangguan virus, malware atau gangguan lainnya yang di luar kekuasaan Easybiz yang dapat mempengaruhi jalannya Situs.
  6. Satu Pelanggan hanya dapat memiliki satu Akun. Anda tidak dapat mengalihkan penggunaan Akun kepada pihak lain. Easybiz tidak bertanggung jawab penggunaan Akun oleh pihak lain yang tidak memiliki kepemilikan, kepengurusan, hubungan kerja dan/atau kepentingan apapun sehubungan dengan Subjek Pekerjaan dan tidak memiliki kewajiban untuk melakukan verifikasi ulang terhadap Akun dan Pelanggan yang sudah terdaftar.
  7. Akses masuk ke Situs diperlukan e-mail Pelanggan dan kata sandi (password). Anda bertanggungjawab secara penuh atas keamanan kata sandi dan akan segera memberitahukan kepada Easybiz apabila keamanan tersebut telah atau dicurigai telah dirusak, ditembus atau digunakan oleh pihak lain tanpa persetujuan Anda.
  8. Easybiz berhak untuk menangguhkan atau menghentikan sebuah Akun untuk jangka waktu sementara ataupun seterusnya, dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, serta dengan alasan apapun.

 

5. Materi dan Layanan

  1. Keterangan yang disampaikan melalui Materi dan Layanan diperuntukkan atau dimaksudkan sebagai pemberian keterangan atau informasi secara umum dan bukan merupakan pendapat hukum. Easybiz melakukan upaya sebaik-baiknya untuk menyediakan Materi dan Layanan yang terkini dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya namun Easybiz tidak menjamin kelengkapan, kebenaran, keberlakuan, ketepatan, kepastian dan/atau kesesuaian Materi dan Layanan pada keadaan yang sebenarnya.
  2. Pemanfaatan keterangan yang berasal dari Materi dan Layanan oleh Anda merupakan tanggungjawab Anda sepenuhnya. Anda disarankan untuk tidak mengandalkan sepenuhnya pada Materi atau keterangan dari Layanan untuk mengambil suatu keputusan atau suatu tindakan apapun tanpa memperoleh pendapat hukum, Jasa Hukum, Bantuan Hukum dari Advokat dan/atau pendapat dari professional lainnya yang kompeten di bidang tersebut (termasuk mengenai perpajakan, keuangan dan ketenagakerjaan) atas atau sehubungan dengan Anda, Subjek Pekerjaan dan/atau Pihak Yang Berkepentingan, termasuk tapi tidak terbatas pada, (i) kegiatan yang sedang atau yang akan dijalankan oleh Subjek Pekerjaan, (ii) Pekerjaan yang akan dilakukan, (iii) kelengkapan perizinan, persetujuan, pemberitahuan, pelaporan, pembayaran dan/atau kepatuhan lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan perjanjian apapun yang terkait (apabila ada) yang wajib dipenuhi oleh Anda, Subjek Pekerjaan dan/atau Pihak Yang Berkepentingan, dan (iv) hal-hal lainnya sehubungan dengan Subjek Pekerjaan.

 

6. Pernyataan dan Jaminan

Anda menyatakan bahwa:

  1. Anda merupakan pihak yang cakap secara hukum untuk melakukan perikatan, melakukan tindakan hukum dan telah ditunjuk secara sah oleh (i) Pihak Yang Berkepentingan, dan/atau (ii) Subjek Pekerjaan (apabila Pelanggan merupakan Subjek Pekerjaan) dan dengan demikian Anda secara sah dan berwenang dapat melakukan tindakan secara hukum untuk melakukan perikatan dengan Easybiz dan/atau melakukan tindakan untuk dan atas nama Pihak Yang Berkepentingan, Subjek Pekerjaan dan/atau pihak lain yang menunjuk Anda untuk menggunakan Layanan, dengan demikian Anda berwenang untuk mengikatkan Pihak Yang Berkepentingan, Subjek Pekerjaan dan/atau pihak lain yang menunjuk Anda tersebut dengan Easybiz pada Syarat Penggunaan.
  2. Pihak Yang Berkepentingan telah mengetahui, membaca dan memahami Syarat Penggunaan dan Layanan, dengan demikian memberikan persetujuan dan kewenangan kepada Anda untuk menggunakan Layanan sehubungan dengan Pekerjaan yang dapat melibatkan Pihak Yang Berkepentingan dan Subjek Pekerjaan, termasuk tapi tidak terbatas pada, mendaftarkan Akun, menentukan ruang lingkup Pekerjaan, memberikan persetujuan atas Proposal.
  3. Anda menggunakan Layanan berdasarkan itikad baik, tidak bermaksud untuk atau tidak akan melakukan tindakan melawan hukum dalam bentuk apapun terkait dengan penggunaan Layanan termasuk tapi tidak terbatas pada menyalahgunakan, tindakan penipuan atau pemalsuan yang dapat menimbulkan kerugian atau dampak buruk lainnya bagi pihak manapun.
  4. Dalam menggunakan Layanan, Anda menjamin Anda tidak akan:
  1. berkomunikasi dan menggunakan bahasa yang mengandung penghinaan, pencemaran nama baik, prasangka dan kebencian sehubungan dengan suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) serta melanggar norma kesusilaan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. mengirimkan atau menggunggah ke Situs, pesan elektronik, dokumen dan/atau konten yang memuat atau berisi virus atau perangkat lain yang dapat merusak, mengganggu, membuat tidak berfungsi dan/atau memberikan dampak buruk lainnya baik sebagian maupun keseluruhan bagian dari Situs;
  3. Mengubah, meretas, memodifikasi dan/atau melakukan akses ke Situs dengan melawan hukum.

 

7. Subjek Pekerjaan

Penggunaan Layanan oleh Pelanggan atas Subjek Pekerjaan merupakan tanggung jawab Pelanggan sepenuhnya. Easybiz tidak memiliki kewajiban untuk melakukan verifikasi ulang atas hubungan Pelanggan dengan Subjek Pekerjaan.

 

8. Biaya Pekerjaan, Pembayaran dan Kebijakan Pengembalian Dana

  1. Biaya Pekerjaan dan tahap pembayaran adalah sebagaimana tertuang dalam Proposal.
  2. Biaya Pekerjaan berlaku selama Masa Berlaku Proposal.
  3. Pelanggan dapat melakukan pembayaran biaya Pekerjaan melalui fitur pembayaran pada Situs yang diselenggarakan oleh mitra Easybiz atau dengan cara pembayaran lain yang disepakati oleh Pelanggan dan Easybiz.
  4. Pembayaran hanya menggunakan mata uang Rupiah.

 

9. Pengakhiran Pekerjaan, Penutupan Akun dan Kebijakan Pengembalian Dana

9.1 Pengakhiran Pekerjaan

Dengan tidak mengesampingkan hak-hak Easybiz berdasarkan Syarat Penggunaan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Pekerjaan diakhiri apabila (mana yang lebih dahulu):

  1. Pelanggan tidak memenuhi pembayaran sesuai dengan tahap pembayaran/termin dalam Proposal;
  2. Pelanggan mengajukan permohonan secara tertulis kepada Easybiz;
  3. selama Masa Berlaku Proposal dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender berturut-turut sejak Easybiz mengirim pesan kepada Pelanggan, Pelanggan tidak memberikan kabar kepada Easybiz mengenai kelanjutan Pekerjaan atau membalas pesan melalui e-mail dari Easybiz;
  4. Pelanggan dinilai telah melakukan pelanggaran Syarat Ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku;
  5. Adanya indikasi penipuan, pemalsuan dan/atau kejahatan sehubungan dengan Pekerjaan yang dilakukan oleh Pelanggan, Subjek Pekerjaan dan/atau Pihak Yang Berkepentingan.
  6. Apabila Pekerjaan tidak dapat diselesaikan dalam Masa Berlaku Proposal yang disebabkan karena kelalaian Pelanggan memenuhi Persyaratan, tidak dapat menyediakan Persyaratan kepada Easybiz sebagaimana ditentukan dalam Dokumen Persyaratan atau peraturan atau kebijakan yang berlaku, sebagaimana disampaikan oleh Easybiz dari waktu ke waktu selama Masa Berlaku Proposal, maka Pekerjaan dianggap berakhir.

Dengan berakhirnya Pekerjaan, Pelanggan mengakui dan menyatakan Easybiz tidak lagi memiliki kewajiban untuk melanjutkan Pekerjaan.

 

9.2 Penutupan Akun

Akun ditutup apabila:

  1. Pelanggan mengajukan permohonan secara tertulis kepada Easybiz.
  2. Pelanggan tidak memenuhi Syarat Penggunaan.
  3. Adanya indikasi penyalahgunaan, penipuan, pemalsuan dan/atau kejahatan sehubungan dengan Akun yang dilakukan atau yang akan dilakukan oleh Pelanggan, Subjek Pekerjaan dan/atau Pihak Yang Berkepentingan.

9.3 Kebijakan Pengembalian Dana

  1. Apabila Pelanggan: (i) mengakhiri Pekerjaan yang sedang dalam proses pengerjaan, (ii) mengakhiri Pekerjaan yang sedang dalam proses pengerjaan bersama dengan penutupan Akun, Pelanggan dapat mengajukan permohonan pengembalian dana sesuai dengan butir (b) pasal ini, dengan menggunakan formulir yang disediakan oleh Easybiz.
  2. Kecuali ditentukan berbeda dalam Proposal, jumlah dana yang dapat dikembalikan kepada Pelanggan adalah jumlah Biaya Pekerjaan sesuai dengan tahap Pekerjaan yang sedang dalam proses pengerjaan dan yang telah dibayarkan, setelah dikurangi dengan:
    1. Biaya administrasi, senilai Rp. 500.000 (lima ratus ribu Rupiah) untuk setiap Proposal yang dibatalkan;
    2. Biaya operasional, senilai Rp. 500.000 (lima ratus ribu Rupiah) untuk masing-masing dokumen/ bagian Pekerjaan yang telah selesai dikerjakan (untuk harga paket pendirian badan dan kecuali butir (c) pasal ini) dan/atau yang proses pengerjaannya telah dimulai oleh Easybiz sebagaimana disebutkan dalam ruang lingkup Pekerjaan dalam Proposal;
    3. Biaya harga satuan (untuk pekerjaan tertentu), sesuai dengan harga satuan per dokumen/bagian Pekerjaan yang ditentukan dalam Proposal, untuk masing-masing dokumen/ bagian Pekerjaan yang telah selesai dikerjakan.
  3. Khusus untuk pengakhiran selama tahap Pekerjaan sehubungan dengan pembuatan Akta oleh Notaris, dimana Akta telah dibuat dan ditandatangani dihadapan Notaris dan Pihak Yang Berkepentingan namun belum diajukan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesa untuk pengesahan, persetujuan dan/atau pemberitahuannya, maka Biaya Pekerjaan untuk tahap tersebut yang telah dibayar tidak dapat dikembalikan.
  4. Untuk menghilangkan keraguan, tahap Pekerjaan yang telah diselesaikan dan dilunasi tahap pembayarannya, sebagaimana ditentukan dalam Proposal, maka pembayaran yang telah dilakukan tidak dapat dikembalikan.
  5. Penutupan Akun atau pengakhiran Pekerjaan tidak melepaskan Pelanggan dari kewajibannya yang timbul sebelum dan/atau sesudah penutupan Akun atau pengakhiran Pekerjaan.
  6. Dalam hal terdapat pengakhiran Pekerjaan dan/atau penutupan Akun, Pelanggan dan Easybiz sepakat untuk mengesampingkan Pasal 1266 dan Pasal 1267 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia.  

 

10. Hak Milik Intelektual

Easybiz memiliki seluruh hak milik intelektual yang terdapat dalam Materi dan Situs. Anda tidak diperkenankan untuk menyalin, mendistribusikan, menerbitkan, menyebarkan dan/atau menjual bagian atau seluruh dari Materi atau Situs tanpa persetujuan tertulis dari Easybiz.

 

11. Pemberitahuan dan Komunikasi

  1. Segala korespondensi kepada Easybiz sehubungan dengan syarat dan ketentuan dalam Syarat Penggunaan, Proposal, Dokumen Persyaratan dan/atau Daftar Keterangan agar ditujukan secara tertulis pada alamat berikut:
  2. PT Justika Solusi Indonesia

    AD Premier Office Park Lantai 9

    Jl. TB Simatupang No. 5

    Ragunan, Pasar Minggu

    Jakarta

     

    Faksimili: +6221 2270 8909

    e-mail         : halo@easybiz.id

  3. Komunikasi sehubungan dengan Pekerjaan dan Layanan dapat dilakukan secara langsung melalui pertemuan, melalui telepon dan secara elektronik termasuk tapi tidak terbatas lewat e-mail dan layanan aplikasi melalui internet seperti daring percakapan (chatting).
  4. Alamat e-mail dan nomor telepon yang didaftarkan oleh Pelanggan pada Easybiz melalui Situs atau di luar Situs akan digunakan oleh Easybiz untuk mengirim kata sandi Akun, status Pekerjaan, keterangan dan pemberitahuan lainnya sehubungan dengan Pekerjaan dan layanan Easybiz. Pelanggan wajib memberitahukan adanya perubahan alamat e-mail dan nomor telepon yang terdaftar pada Easybiz. Easybiz tidak bertanggungjawab atas kebenaran alamat e-mail dan nomor telepon yang didaftarkan pada Easybiz oleh Pelanggan.
  5. Dengan adanya komunikasi secara elektronik dalam bentuk apapun antara Anda dengan Easybiz, Anda menyetujui komunikasi secara elektronik sebagai bentuk komunikasi yang sah.
  6. Easybiz berhak, tapi tidak memiliki kewajiban, untuk menjawab, membalas pesan, menerima telepon, mengirim e-mail, mengirim pesan, mengirim dokumen, menyanggupi permintaan untuk bertemu dan/atau menerima komunikasi dalam bentuk apapun kepada atau dari Anda mengenai Pekerjaan atau Layanan di luar Jam Kerja dan Hari Kerja.

 

12. Penyerahan Hasil Pekerjaan

  1. Easybiz mengambil upaya sebaik-baiknya untuk melaksanakan penyelesaian Pekerjaan secara tepat waktu, namun Easybiz tidak menjamin ketepatan waktu penyelesaian Pekerjaan yang diperkirakan sebagaimana perkiraan tersebut dapat disampaikan oleh Easybiz dari waktu ke waktu.
  2. Sesuai dengan kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku pada saat Pekerjaan dilakukan, Pejabat Yang Berwenang memiliki kewenangan untuk memutuskan dan menentukan apakah Pekerjaan yang dipesan oleh Pelanggan dapat diajukan kepada, dilaksanakan, diterbitkan oleh Pejabat Yang Berwenang dan/atau hasil Pekerjaan akan sesuai dengan ruang lingkup Pekerjaan sebagaimana tercantum dalam Proposal dan/atau Daftar Keterangan yang telah dilengkapi, baik secara sebagian atau keseluruhan. Dengan demikian, Easybiz tidak menjamin hasil akhir Pekerjaan akan sama atau sesuai dengan Pekerjaan yang dipesan oleh dan/atau Daftar Keterangan yang dilengkapi oleh Pelanggan.
  3. Pejabat Yang Berwenang, berdasarkan kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dapat mensyaratkan asli Dokumen Persyaratan, baik sebagian maupun keseluruhan, baik yang merupakan hasil Pekerjaan tahap tertentu atau bukan, untuk diserahkan atau ditunjukkan kepada Pejabat Yang Berwenang untuk pelaksanaan Pekerjaan. Untuk tujuan tersebut, Pelanggan dengan ini memberikan izin, persetujuan dan kewenangan kepada Easybiz untuk menyimpan asli Dokumen Persyaratan tersebut untuk penyelesaian Pekerjaan tahap-tahap selanjutnya sesuai dengan Proposal. Pelanggan menyatakan bahwa penyimpanan asli Dokumen Persyaratan tersebut tidak mengesampingkan kewajiban Pelanggan untuk membayar biaya Pekerjaan sebagaimana ditentukan dalam Proposal. Pelanggan memastikan dan menjamin penyimpanan asli Dokumen Persyaratan tersebut oleh Easybiz termasuk dokumen sehubungan dengan Pihak Yang Berkepentingan atau pihak lainnya, telah memperoleh izin dan persetujuan dari Pihak Yang Berkepentingan atau pihak lainnya tersebut.   
  4. Asli dokumen hasil Pekerjaan sebagaimana ditentukan dalam ruang lingkup Pekerjaan akan diserahkan setelah seluruh Biaya Pekerjaan telah dilunasi.
  5. Asli dokumen hasil Pekerjaan sebagaimana ditentukan dalam ruang lingkup Pekerjaan akan diserahkan kepada (i) Subjek Pekerjaan sesuai dengan alamat domisili Subjek Pekerjaan, atau (ii) Pelanggan atau pihak lain berdasarkan surat kuasa dari Subjek Pekerjaan, setelah Penyelesaian.
  6. Tanpa mengesampingkan hak-hak Easybiz lainnya sebagaimana ditentukan dalam peraturan perundang-undangan, apabila Pelanggan belum membayar biaya Pekerjaan dan/atau biaya tambahan lainnya sebagaimana ditentukan dalam Proposal, Easybiz berhak untuk (i) tidak memulai Pekerjaan sesuai dengan tahap yang akan dikerjakan, dan/atau (ii) menyimpan dokumen baik itu Dokumen Persyaratan dan/atau hasil Pekerjaan yang telah diselesaikan oleh Easybiz sampai Biaya Pekerjaan dilunasi oleh Anda.

 

13. Hukum dan Penyelesaian Sengketa

  1. Syarat Penggunaan, Proposal, Daftar Keterangan dan/atau Dokumen Persyaratan ditafsirkan dan dilaksanakan berdasarkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
  2. Apabila timbul perselisihan mengenai penafsiran dan/atau pelaksanaan Syarat Penggunaan Proposal, Daftar Keterangan dan/atau Dokumen Persyaratan, perselisihan tersebut akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat.
  3. Apabila perselisihan tersebut diatas tidak dapat diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat, maka perselisihan tersebut akan diselesaikan melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) menurut peraturan dan prosedur pada BANI.
  4. Tempat pelaksanaan arbitrase adalah Jakarta dan menggunakan Bahasa Indonesia.

 

14. Pembebasan

  1. Anda menyatakan bahwa Easybiz, direksi, komisaris, karyawan, mitra, afiliasi, dan/atau perwakilannya tidak bertanggungjawab atas tuntutan, klaim, kerugian (baik secara langsung maupun tidak langsung termasuk tapi tidak terbatas pada kehilangan laba, penghasilan, produksi, nama baik, data atau kesempatan), kompensasi, biaya, pengeluaran, beban dan/atau kewajiban dalam bentuk apapun (termasuk biaya jasa hukum Advokat) dan kepada pihak manapun, termasuk tapi tidak terbatas pada yang diakibatkan karena atau sehubungan dengan (i) Materi, (ii) Layanan, (iii) kelalaian Anda dalam memenuhi Syarat Penggunaan, (iv) pernyataan atau jaminan oleh Anda sebagaimana tertuang dalam Syarat Penggunaan dinilai atau ditemukan tidak benar, (v) kunjungan pada Situs atau penggunaan Situs oleh Anda, (vi) penggunaan Akun oleh pihak lain yang menggunakan kata sandi dan kata pengguna Anda dan/atau Easybiz, (vii) kegagalan operasional Situs atau tidak dapat digunakannya Situs baik secara sebagian maupun keseluruhan, (viii) tindakan Anda, Subjek Pekerjaan dan/atau Pihak Yang Berkepentingan yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Dalam hal Pelanggan, Subjek Pekerjaan dan/atau Pihak Yang Berkepentingan memberikan kuasa pada Easybiz, karyawan Easybiz atau pihak lain yang ditunjuk oleh Easybiz sebagai penerima kuasa untuk melakukan tindakan untuk dan atas nama Pelanggan, Subjek Pekerjaan dan/atau Pihak Yang Berkepentingan sehubungan dengan Pekerjaan, dengan ini Pelanggan menyatakan bahwa Pelanggan membebaskan penerima kuasa termasuk penerima kuasa substitusinya tersebut dari segala tuntutan, klaim, kerugian (baik secara langsung maupun tidak langsung termasuk tapi tidak terbatas pada kehilangan laba, penghasilan, produksi, nama baik, data atau kesempatan), kompensasi, biaya, pengeluaran, beban dan/atau kewajiban dalam bentuk apapun (termasuk biaya jasa hukum Advokat) atas segala hal yang diakibatkan oleh pemberian kuasa tersebut.   
  3. Pelanggan menyatakan bahwa Easybiz, direksi, komisaris, karyawan, mitra, afiliasi, perwakilannya, dan/atau pihak yang ditunjuk oleh Pelanggan, Subjek Pekerjaan, Pihak Yang Berkepentingan sebagai penerima kuasa sehubungan dengan Pekerjaan tidak akan menjadi suatu pihak dalam satu atau lebih sengketa yang melibatkan Pelanggan, Subjek Pekerjaan dan/atau Pihak Yang Berkepentingan.

Ketentuan ini akan tetap berlaku meskipun terjadi pengakhiran Pekerjaan dan/atau penutupan Akun.

 

15. Ketentuan Lain-lain

  1. Dengan Anda menggunakan dan melanjutkan penggunaan Situs dan Layanan, maka Anda telah menyetujui Syarat Penggunaan dan Kebijakan Privasi.
  2. Easybiz berhak untuk mengubah sewaktu-waktu Syarat Penggunaan, Materi dan/atau Layanan, dengan pemberitahuan melalui pengumuman di Situs atau sarana lainnya yang dipandang wajar oleh Easybiz. Anda disarankan untuk senantiasa memeriksa Situs secara berkala untuk memastikan adanya perubahan tersebut. Anda diberi hak sepenuhnya untuk keluar dari Situs Easybiz dan/atau mengakhiri penggunaan layanan Easybiz apabila Anda tidak setuju dengan Syarat Penggunaan, Kebijakan Privasi serta perubahan-perubahannya tersebut. Dengan dilanjutkannya penggunaan Situs atau penggunaan Layanan oleh Anda setelah perubahan tersebut merupakan bentuk persetujuan dari Anda atas perubahan tersebut.
  3. Apabila terdapat 1 (satu) atau lebih ketentuan dalam Syarat Penggunaan, Proposal, Dokumen Persyaratan dan/atau Daftar Keterangan ini dinyatakan tidak sah, tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku, tidak dapat dilaksanakan dan/atau dinyatakan tidak berlaku oleh Pejabat Yang Berwenang, maka ketentuan lainnya dalam Syarat Penggunaan, Proposal, Dokumen Persyaratan dan/atau Daftar Keterangan akan tetap berlaku.
  4. Selain syarat dan ketentuan sebagaimana tercantum dalam Syarat Penggunaan dan Kebijakan Privasi, Pelanggan juga tunduk pada syarat dan ketentuan dalam Proposal, Dokumen Persyaratan dan/atau Daftar Keterangan.
  5. Kegagalan, penundaaan atau pengesampingan oleh Easybiz untuk pelaksanaan atau penegakkan setiap ketentuan dalam Syarat Penggunaan, Proposal, Daftar Keterangan dan/atau Dokumen Persyaratan, tidak dapat diartikan sebagai pengesampingan hak-hak Easybiz atas ketentuan tersebut atau ketentuan lainnya dalam Syarat Penggunaan, Proposal, Daftar Keterangan dan/atau Dokumen Persyaratan.